Pages

Minggu, 06 Maret 2011

tips masuk ITB :D


[ITB] MAU MASUK ITB? INI CARA NYA (TIPS DAN INFO MANJUR)

KENAPA ITB
  • ITB universitas Teknik No 1 INDONESIA.. fakultas teknik, ITS di no 2, UI di no 3 dan UGM di no 4.
  • Uang semesteran ga MAHAL. Satu semester 2jt. FYI again, UI 7.5jt. Uang masuk bahkan bisa 0 rupiah via SNMPTN. Bahkan Anda yang masuk lewat jalur MANAPUN, bisa membuat surat keterangan tidak mampu untuk dapat keringanan sampai 0 rupiah.
  • ITB punya link langsung dengan banyak perusahaan seperti PLN, Telkom, Indosat dan banyak perusahaan minyak yang banyak diramaikan Alumni ITB
  • Di ITB, beasiswa bertebaran. Baik beasiswa selama pendidikan agar Anda bisa kuliah dengan biaya miring, hingga beasiswa untuk meneruskan pendidikan ke luar negeri atau beasiswa kerja ke perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin masuk KAMPUS GANESHA ITB TERCINTA

1. Ketahui jalur masuk
ITB punya 4 jalur masuk, yaitu :
  • USM Daerah
    USM daerah diselenggarakan oleh ITB di daerah masing2. USM daerah adalah jalur masuk paling awal untuk itb. Sumbangan minimal sekitar 50-60jutaan. Jika tidak diterima, boleh ikut USM Terpusat tanpa menurunkan nilai sumbangan dan boleh ikut SNMPTN.
  • USM Terpusat
    Diselenggarakan juga oleh ITB lgsg di kampus ITB, Bandung dengan budget 20-30jutaan. Jika tidak diterima, boleh ikut SNMPTN.
  • SNMPTN
    Tes ini diselenggarakan secara Nasional. Lebih banyak jumlah pesaing dikarenakan biayanya yang kecil.
  • Kemitraan
    Jalur ini jalur khusus. Ada kemitraan dari pemda ataupun dari Perusahaan-perusahaan. Budget diatas USM Daerah.
Note : Tidak ada perbedaan apakah Anda masuk dari jalur manapun ketika berkuliah di ITB. Biaya maupun perlakuan disamakan. ITB JUGA TIDAK DIPENGARUHI OLEH BESAR SUMBANGAN ANDA!! kalo menurut ITB Anda memang tidak layak, meskipun Anda menyumbang 1 M, tetap tidak akan diterima.


2. Memilih Fakultas
  • Anda perlu mengetahui Passing grade dari tiap fakultas dalam menentukan pilihan. Anda juga harus mengerti kemampuan Anda.

    Spoiler for triknya:
    Lihat rata2 try out Anda. Dari hasil try out, Anda bisa tahu, fakultas apa yang dicukupi dengan Nilai Try Out Anda. Jadi, jika rata2 tryout Anda 53%, pilihlah Fakultas dengan passing grade 53% ke bawah.

    LETAKKAN PILIHAN YANG SUDAH DIJAMIN INI KE PILIHAN KEDUA.
    Kenapa??
    Karena Pilihan pertama adalah pilihan impian Anda.

    MISALNYA : Passing grade Anda 53%, Pilihan pertama boleh lebih besar dari itu karena siapa tahu pas hari H test, ternyata sangat kebetulan Anda bisa mengerjakan smuanya (malah lebih bagus dari Try Out). Selanjutnya baru pilihan kedua yang sesuai dengan kemampuan Anda dari hasil Try Out (pilihan logis dan kemungkinan passing grade Anda mencukupi).

  • Pilihlah jurusan sesuai minat bakat
    ITB adalah kampus yang ketat. Jangan memilih fakultas cuma karena passing grade nya tinggi. Pilih fakultas dimana minat dan passion Anda tinggi di situ. Karena jika ternyata minat Anda kurang, maka ditengah2 kuliah Anda akan mengalami kesulitan dalam berkuliah karena persaingan dan studi di ITB cukup berat.

    Untuk mengetahui bakat Anda, ikuti tes yang diselenggarakan dari sekolah masing2 untuk mendapat rekomendasi jurusan yang tepat



3. Mengerjakan Soal Test
  • Soal Kemampuan Akademik
    Jika Anda bukan orang yang menguasai semua mata pelajaran SMA, maka ada baiknya Anda MEMFOKUSKAN ke salah satu mata pelajaran TAPI yang pada mata pelajaran lain terlalu jelek.
    MISALNYA : Anda fokus di matematika dan Anda yakin 100%, tapi pastikan B Inggris dan yang lain tetap di atas 50%. Jangan ada yang terbengkalai.

    Spoiler for TRIKNYA:
    PERBANYAK LATIHAN SOAL. Soal2 ITB orisinil. Jangan terlalu fokus pada hapalan. Mengerti konsep dan KERJAKAN BANYAK SOAL. mengerjakan banyak Soal akan membuat Anda sigap dalam mengerjakan soal. KARENA 50% ORANG GAGAL DI TEST ITB KARENA KEKURANGAN WAKTU.

    semakin sering Anda latihan soal, semakin terlatih Anda, dan semakin banyak contoh soal dan metode cepat yang Anda ingat.
  • Psikotes dan Skolastik
    Kebanyakan soal psikotes dan skolastik biasanya memiliki bentuk dan pola yang mirip dimana-mana. Dari soal2 ini akan bisa diketahui kondisi mental dan kecenderungan Anda ITB sangat ketat dalam hal ini. Terlebih di jalur USM, skolastik dan psikotes menjadi tinjauan utama ITB. Karena faktanya, kuliah di ITB itu sendiri lebih sulit dari ujian masuknya

    Spoiler for TRIKNYA:
    Coba latihan skolastik dan Psikotes, terlebih di latihan angka koran (angka yang berderet banyak banget itu lho). Di tes penjumlahan angka koran, akan dinilai konstannya Anda. Jadi jgn start buru2. Grafik stabil atau grafik menanjak perlahan lebih baik dari grafik menurun.

    Siapkan diri satu malam sebelum psikotes. Jangan begadang dan tidur sekitar 8 jam. Percayalah, ini sangat berpengaruh terhadap hasil psikotes dan skolastik


    Contoh Soal Psikotes Yang Sering Keluar


    Buatlah gambar dari pola yang ada di bawah ini!!



    Test ini untuk mengetahui kepribadian Anda dari gambar yang Anda buat.
    1. Untuk garis lengkung sebaiknya anda menggambar benda hidup
    2. Untuk garis lurus yang kaku sebaiknya anda menggambar benda mati.

    Gambar lah dengan garis yang tidak terlalu tebal atau tipis, dan jangan terlalu sering dihapus. Tebal = keras kepala, dihapus = tidak terorganisir

    Contoh hasil yang baik:

AKHIR KATA DARI TS
Spoiler for buat yang ujian:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar