Pages

Minggu, 06 Maret 2011

fakta penyu


Penyu adalah kura-kura laut. Penyu ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 - 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Pada masa itu Archelon, yang berukuran panjang badan enam meter, dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini. Binatang purba ini, dipercaya menjadi penjaga keseimbangan ekosistem laut. Di mana ditemukan penyu, di situ dapat ditemui kekayaan alam laut yang melimpah. Penyu dapat ditemukan di semua samudera di dunia.

Tak bisa dipungkiri bahwa penyu adalah makhluk yang menarik. Namun mereka sering gagal untuk mencapai tingkat pengakuan bahwa mereka benar-benar hewan yang menakjubkan. Anda akan belajar banyak saat Anda membaca fakta-fakta berikut ini.
Quote:
Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Penyu Belimbing merupakan satu-satunya spesies yang tidak memiliki tulang punggung yang melekat pada bagian dalam cangkangnya. Mereka juga merupakan jenis penyu terbesar di dunia.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Bayi penyu muncul dari dalam telur dan langsung berebut masuk ke dalam air. Mereka tidak pernah dapat berinteraksi dengan induk mereka. Ini adalah naluri mereka sendiri yang mendorong mereka untuk langsung menuju ke air. Penyu jantan adalah spesies yang paling tidak akan pernah meninggalkan air setelah mereka masuk ke air saat usia remaja.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Terkadang sering sulit untuk membedakan antara penyu laut jantan dan betina karena mereka memiliki ukuran tubuh yang sama. Bagaimana Anda bisa mengidentifikasi mereka adalah bahwa penyu jantan memiliki ekor panjang di mana organ reproduksi mereka berada.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Adalah mitos bahwa semua penyu dapat menyelipkan kepala mereka ke dalam cangkangnya. Semua kura-kura darat bisa, tetapi tidak dengan penyu laut. Jika Anda melihat dekat, Anda akan melihat bahwa mereka semua memiliki kelopak mata yang memberikan perlindungan dari sinar matahari ke mata mereka. Mereka dapat melihat dengan baik di air tetapi tidak di darat. Mereka juga buta warna.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Ini adalah mitos umum bahwa penyu bisa menangis. Apa yang sebenarnya terjadi adalah bahwa mereka mengeluarkan garam dari tubuh mereka melalui mata mereka.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Salah satu metode yang digunakan oleh pejantan untuk melihat siapa yang akan dipilih untuk kimpoi dengan betina adalah penyu yang dapat mengangkat lehernya paling tinggi. Kemudian penyu betina akan memilihnya.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Penyu adalah perenang yang luar biasa, dan mereka bisa melakukannya selama berjam-jam tanpa kelelahan. Mereka bisa bergerak dari 1 mil per jam menjadi sekitar 5 mil per jam. Yang menarik adalah bahwa beberapa dari mereka berenang untuk melakukan perjalanan ratusan atau lebih dari 1.000 kilometer untuk mencapai tempat berkembang biak.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Penyu bisa menyelam lebih dari 1.000 kaki ke dalam air untuk mencapai makanan. Namun, sebagian besar waktu mereka digunakan untuk tinggal di air dangkal. Mereka berdarah dingin sehingga mereka memiliki kemampuan untuk memperlambat metabolisme mereka. Akibatnya, mereka bisa pergi beberapa bulan tanpa makanan jika diperlukan.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Ini bisa sulit untuk memperkirakan secara akurat usia penyu. Namun, diyakini bahwa banyak spesies yang dapat hidup 50-80 tahun di alam dengan kondisi yang tepat.


Spoiler for fakta:

Quote:
Quote:
Bayi penyu dapat menemukan jalan ke dalam air setelah menetas, tapi juga dibutuhkan beberapa hari bagi mereka untuk sampai ke sana dengan kecepatan lambat. Ini tiidak diketahui bagaimana mereka bisa tahu ke mana mereka harus pergi untuk bertahan hidup. Teori yang paling populer adalah bahwa mereka memiliki preferensi magnet di tubuh mereka yang “mengusir” mereka dari daratan. Yang juga diamati adalah bahwa mereka akan membuat sebuah lingkaran penuh di sekitar sarang mereka sebelum mereka bergerak dalam garis lurus ke arah air.


Spoiler for fakta:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar