Pages

Senin, 12 Maret 2012

Ngahiyangna Pajajaran


Pun ! Sapun !
Ka Pupunclak Agung Pamunjung
Anu Agung Sang Rumuhun
Hiyang Guru Agung Pangruhum
Anu Nunggal di Kalanggengan
Anu Langgeung dina Nunggalna
Anu Ngabogaan Sakabeh Alam
Anu Ngabogaan Sakabeh Jagat

Paralun ! Sapun !
Ka sakur anu diluhur
Ka Guru Hiyang Nunggal
Ka Dewa nyangking Kawening
Ka Dewa ngagem Wewenang
Ka Dewa nunggal Kawasa

Ka sakabeh
Nu kumelip, nu arusik, nu ngawararuga
Dina wujud sewing-sewangan
Nu ngagelar, nu ngarumpay
Nu narangtung, nu ngagantung
Nu ngagulung, nu narangkub
Nu nangkarak, ku ngarambat
Ka sakabeh
Nu kadeuleu teu karasa
Nu kaambeu teu kadeuleu
Teu kadeuleu tapi aya ....
Ka sakabeh
Nu ngaredag, nu lumampah
Harirup jadi pangeusi
Nyaricingna jagat ieu, alam ieu

Paralun
Sabab kaula eundeuk nyatur
Nyatur pantun nu buhun
Haneuleum tunda karuhun
Hanjuaneun anu marapay .... !

Paralun
Matak kaula
Ku sabab
Pajajaran dijieun carita
Tapi disilok
Ku anu sarieun
Dipajarkeun mumuja Dewa
Jeung direka dirarobah
Dijarijieun-jieun
Ka nu gariruk .... !
Jeung ku sabab
Kaula nyaho
Engke jaga
Baris datang deui jelema
Loba menak loba pangkat
Harayang diaraku deui
Rawayan ti Pajajaran

Paralun ....
Paralun !
Jin
Iblis
Setan markayangan
Ipri
Onom
Dedemit
Jeung jurig nyiliwuri !
Rampes nun !
Lalinggih !
Ulah arobah tina sila
Ulah arusik tina calik !
Bandungan dina jajaran
Jajaran darekan karuhun
Sebab kaula
Eundeuk jajararkeun carita
Carita
Ti baheula Pajajaran
Ngajajarkeun jeujeur sajati
Nu asalna
Lain beunang ngareka-reka
Tapi
Di geularkeun ku karuhun
Kana hate nu rancage
Hate saha ?
Hate Sunda
Nu sundana dina dani
Nu danina dina hirup
Nu hirupna sagala samar
Nu samarna ngalaman deui
Ngalaman jaman cara baheula
Boga Raja heunteu sulaya

Paralun !
Bandungan !
Urang kocapkeun !
Kocapkeun !
Di nagara Pajajaran
Lain Pajajaran nu kiwari !
Pajajaran geh anu baheula !
Nu jadi Raja ?
Gagah sakti kaliwat saking
Nya Dia
Anu ngarana
Prabu Siliwangi
Ari anakna ?
Lobana tili kali salawe
Da boangan
Biangna geh
Saratus punjul satengah !
Tunda !
Urang nyaritakeun hiji anak inyana
Nu sakti ngala ka aki
Nu gagah ngala ka bapa
Ari ngarana ?
Ki Hiyang Santang Aria Cakrabuana !
Euweuh pantar
Euweuh tanding !
Nyarita inyana ka si Lengser
Uwa uwa !
Ngaing the ayeuna mah
Cukup elmu jeung pangweruh !
Tapi hate ngaing heunteu betah jasa !
Sabab
Geus lila euweuh teunggeulaneun
Geus lila euweuh sepakeun
Euweuh sanagara
Euweuh musuh ngajak rusuh !
Kumaha lawan the
Ngan tinggal sia bae uwa ?
Kuamaha amin ngaing nyaba jauh
Nyiar lawan di nagara deungeun ?

Ceuk si Lengser
Ulah aden ulah !
Ceuk ki Santang
Ku nahaeun diulah-ulah ?
Ceuk si Lengeser
Sabab amun aden miang ka buana luar
Ka nagara nyabrang lautan
Engke dimana aden mulang
Pajajaran the ngan kari ngaran !
Tapi dasar peuteukeuh
Teu beunang diulah - ulah
Nya miang inyana ka nagara sabrang lautan !

Tunda !

Minggu, 11 Maret 2012

SUNDA WIWITAN



Sunda Wiwitan

Sunda Wiwitan (Bahasa Sunda: "Sunda permulaan", "Sunda sejati", atau "Sunda asli") adalah agama atau kepercayaan pemujaan terhadap kekuatan alam dan arwah leluhur (animisme dan dinamisme) yang dianut oleh masyarakat tradisional Sunda. Penganut ajaran ini dapat ditemukan di beberapa desa di provinsi Banten dan Jawa Barat, seperti di Kanekes, Lebak, Banten; Ciptagelar Kasepuhan Banten Kidul, Cisolok, Sukabumi; Kampung Naga; dan Cigugur, Kuningan. Menurut penganutnya, Sunda Wiwitan merupakan kepercayaan yang dianut sejak lama oleh orang Sunda sebelum datangnya ajaran Hindu dan Islam.

Ajaran Sunda Wiwitan terkandung dalam kitab Sanghyang siksakanda ng karesian, sebuah kitab yang berasal dari zaman kerajaan Sunda yang berisi ajaran keagamaan dan tuntunan moral, aturan dan pelajaran budi pekerti. Kitab ini disebut Kropak 630 oleh Perpustakaan Nasional Indonesia. Berdasarkan keterangan kokolot (tetua) kampung Cikeusik, orang Kanekes bukanlah penganut Hindu atau Buddha, melainkan penganut animisme, yaitu kepercayaan yang memuja arwah nenek moyang. Hanya dalam perkembangannya kepercayaan orang Kanekes ini telah dimasuki oleh unsur-unsur ajaran Hindu, dan hingga batas tertentu, ajaran Islam. Dalam Carita Parahyangan kepercayaan ini disebut sebagai ajaran "Jatisunda".




Mitologi dan Sistem Kepercayaan

Kekuasaan tertinggi berada pada Sang Hyang Kersa (Yang Mahakuasa) atau Nu Ngersakeun (Yang Menghendaki). Dia juga disebut sebagai Batara Tunggal (Tuhan yang Mahaesa), Batara Jagat (Penguasa Alam), dan Batara Seda Niskala (Yang Gaib). Dia bersemayam di Buana Nyungcung. Semua dewa dalam konsep Hindu (Brahma, Wishnu, Shiwa, Indra, Yama, dan lain-lain) tunduk kepada Batara Seda Niskala.

Ada tiga macam alam dalam kepercayaan Sunda Wiwitan seperti disebutkan dalam pantun mengenai mitologi orang Kanekes:
Buana Nyungcung: tempat bersemayam Sang Hyang Kersa, yang letaknya paling atas
Buana Panca Tengah: tempat berdiam manusia dan makhluk lainnya, letaknya di tengah
Buana Larang: neraka, letaknya paling bawah

Antara Buana Nyungcung dan Buana Panca Tengah terdapat 18 lapis alam yang tersusun dari atas ke bawah. Lapisan teratas bernama Bumi Suci Alam Padang atau menurut kropak 630 bernama Alam Kahyangan atau Mandala Hyang. Lapisan alam kedua tertinggi itu merupakan alam tempat tinggal Nyi Pohaci Sanghyang Asri dan Sunan Ambu.

Sang Hyang Kersa menurunkan tujuh batara di Sasaka Pusaka Buana. Salah satu dari tujuh batara itu adalah Batara Cikal, paling tua yang dianggap sebagai leluhur orang Kanekes. Keturunan lainnya merupakan batara-batara yang memerintah di berbagai wilayah lainnya di tanah Sunda. Pengertian nurunkeun (menurunkan) batara ini bukan melahirkan tetapi mengadakan atau menciptakan.


Filosofi

Paham atau ajaran dari suatu agama senantiasa mengandung unsur-unsur yang tersurat dan yang tersirat. Unsur yang tersurat adalah apa yang secara jelas dinyatakan sebagai pola hidup yang harus dijalani, sedangkan yang tersirat adalah pemahaman yang komprehensif atas ajaran tersebut. Ajaran Sunda Wiwitan pada dasarnya berangkat dari dua prinsip, yaitu Cara Ciri Manusia dan Cara Ciri Bangsa.

Cara Ciri Manusia adalah unsur-unsur dasar yang ada di dalam kehidupan manusia. Ada lima unsur yang termasuk di dalamnya:
Welas asih: cinta kasih
Undak usuk: tatanan dalam kekeluargaan
Tata krama: tatanan perilaku
Budi bahasa dan budaya
Wiwaha yudha naradha: sifat dasar manusia yang selalu memerangi segala sesuatu sebelum melakukannya

Kalau satu saja cara ciri manusia yang lain tidak sesuai dengan hal tersebut maka manusia pasti tidak akan melakukannya.

Prinsip yang kedua adalah Cara Ciri Bangsa. Secara universal, semua manusia memang mempunyai kesamaan di dalam hal Cara Ciri Manusia. Namun, ada hal-hal tertentu yang membedakan antara manusia satu dengan yang lainnya. Dalam ajaran Sunda Wiwitan, perbedaan-perbedaan antarmanusia tersebut didasarkan pada Cara Ciri Bangsa yang terdiri dari:
Rupa
Adat
Bahasa
Aksara
Budaya

Kedua prinsip ini tidak secara pasti tersurat di dalam Kitab Sunda Wiwitan, yang bernama Siksa Kanda-ng karesian. Namun secara mendasar, manusia sebenarnya justru menjalani hidupnya dari apa yang tersirat. Apa yang tersurat akan selalu dapat dibaca dan dihafalkan. Hal tersebut tidak memberi jaminan bahwa manusia akan menjalani hidupnya dari apa yang tersurat itu. Justru, apa yang tersiratlah yang bisa menjadi penuntun manusia di dalam kehidupan.

Awalnya, Sunda Wiwitan tidak mengajarkan banyak tabu kepada para pemeluknya. Tabu utama yang diajarkan di dalam agama Sunda ini hanya ada dua.
Yang tidak disenangi orang lain dan yang membahayakan orang lain
Yang bisa membahayakan diri sendiri

Akan tetapi karena perkembangannya, untuk menghormati tempat suci dan keramat (Kabuyutan, yang disebut Sasaka Pusaka Buana dan Sasaka Domas) serta menaati serangkaian aturan mengenai tradisi bercocok tanam dan panen, maka ajaran Sunda Wiwitan mengenal banyak larangan dan tabu. Tabu (dalam bahasa orang Kanekes disebut "Buyut") paling banyak diamalkan oleh mereka yang tinggal di kawasan inti atau paling suci, mereka dikenal sebagai orang Baduy Dalam.


Tradisi

Dalam ajaran Sunda Wiwitan penyampaian doa dilakukan melalui nyanyian pantun dan kidung serta gerak tarian. Tradisi ini dapat dilihat dari upacara syukuran panen padi dan perayaan pergantian tahun yang berdasarkan pada penanggalan Sunda yang dikenal dengan nama Perayaan Seren Taun. Di berbagai tempat di Jawa Barat, Seren Taun selalu berlangsung meriah dan dihadiri oleh ribuan orang. Perayaan Seren Taun dapat ditemukan di beberapa desa seperti di Kanekes, Lebak, Banten; Ciptagelar Kasepuhan Banten Kidul, Cisolok, Sukabumi; Kampung Naga; dan Cigugur, Kuningan. Di Cigugur, Kuningan sendiri, satu daerah yang masih memegang teguh budaya Sunda, mereka yang ikut merayakan Seren Taun ini datang dari berbagai penjuru negeri.

Meskipun sudah terjadi inkulturasi dan banyak orang Sunda yang memeluk agama-agama di luar Sunda Wiwitan, paham dan adat yang telah diajarkan oleh agama ini masih tetap dijadikan penuntun di dalam kehidupan orang-orang Sunda. Secara budaya, orang Sunda belum meninggalkan agama Sunda ini


sebuah pemahaman sunda


Pun Sapun ……….. !
Ka ruhur ka Sang Rumuhung ka Nu Muhung di Mandala Agung
Ahuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuung !
Ka Guru sakabeh Guru
Ka Raja sakabeh Raja
Nya ka Inyana
Nu Ngaruhum ti Kasunyian
Anu Nunggal di Kalanggengan
Anu Langgeng dina Jati Nunggal
Nya Inyana
Anu Ngabogaan sakabeh Jagat
Anu Ngabogaan sakabeh Alam ….. !
Ahuuuuuuung Ahuuuuuuuuuuuuuuuuuuuug !

Paralun !

Sunda adalah nama “Suku” sebuah kelompok etnis yang mendiami sebuah wilayah Alam yang sangat Indah kaya akan Budaya, Sejarah, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia dan lainya. Dalam tulisan saya saat ini akan membahas tentang Budaya dan Sejarah Sunda yang telah sangat lama ada dan sampai saat ini masih ada. Namun sayangnya banyak dari masyarakat Sunda sendiri tidak mengetahui yang sebenarnya apa itu Arti Sunda, bagaimana Budayanya, bagaimana Sejarahnya bahkan lebih jauh dari itu bahwa Sunda merupakan nama sebuah Agama mayoritas pada saat dahulu masih merupakan Nagara “Kerajaan” Sunda yang disebut Jati Sunda.

Sunda memiliki arti Suci atau Wareh Nyampurnakeun/Peta Nyampurnakeun yang artinya Bagian yang Menyempurnakan kenapa dinamakan Sunda karena Sunda adalah bagian yang menyempurnakan Jagat Alam ini, tidak akan sempurna Jagat ini tanpa Sunda. Pada awalnya Sunda adalah sebuah Buana/Wilayah yang Sangat Gelap Pekat Gulita sampai begitu Gelapnya jika ada bara api di depan muka pun tidak akan terlihat. Sampai Suatu hari Saat Sang Hiyang Kala yang merupakan “Dewa” yang bertugas mengatur segala tentang waktu sedang bertugas mengontrol Jagat Raya, Sang Hiyang Kala selalu was-was jika melewati “Buana” ini, beberapa kali Sang Hiyang Kala selalu mendapat “musibah” karena Kegelapannya, hingga pada akhirnya Sang Hiyang kala meminta kepada Sang Hiyang Wenang dan Sang Hiyang Wening untuk membicarakan tentang “Buana” ini kepada Sang Hiyang Guriang Tunggal dan pada akhirnya 1000 tahun sejak itu “Buana Sunda” mendapat pancaran cahaya matahari walau masih samar.

Bagaimana nama sebutan Sunda berawal adalah Sang Hiyang Wenang yang memberikan nama Sunda pada Buana itu, sebab setelah Sunda terang ternyata Buana Sunda ini merupakan tempat yang sangat baik dan lengkap segalapun ada disana. Dengan waktu yang berjalan setelah manusia ada di Jagat Raya ini Buana Sunda selalu diisi oleh “Orang-orang” yang bertapa “nyundakeun diri” / “mensucikan diri”……

“… di dinya teh hade jasa pieun panyundaan nyundakeun diri, pieun nyampurnakeun raga eujeung sukma, abeh bisa ngarasa paeh sajero hirup, ngarasa hirup sabari paeh”

“… disana bagus sekali untuk menyucikan diri, untuk menyempurnakan raga dan sukma, agar mampu merasakan mati selama hidup, merasa hidup sambil dalam keadaan mati”.

Lalu semakin lama banyak berdatangan kembali “orang-orang” yang bertapa di Sunda, yang pada akhirnya setelah bertapa di Buana Sunda tidak ada yang tidak unggul selama hidupnya tapi unggul harus dengan tindak dan hati yang baik.

Awal Manusia dalam Sunda berawal ketika Sang Hiyang Guriang Tunggal sedang membuat Panggung Agung di Kahyangan untuk menyembah kepada Sang Hiyang Tunggal di Mandala Agung. Saat Panggung Agung sedang dibuat para pekerja melakukan kesalahan yang mengakibatkan sebuah kayu jatuh dari Kahyangan, karena bisa sangat membahayakan Jagat maka Sang Hiyang Wenang dan Sang Hiyang Wening mengejar kayu tersebut hingga ke bumi. Sang Hiyang Wenang turun di Puncak Gunung Mahameru lalu memerintahkan semua penghuni hutan untuk menahan kayu tersebut dengan upah akan dijadikan Manusia. Sedangkan Sang Hiyang Wening turun di Puncak Gunung Nyungcung meminta tolong pada Badak, Harimau, Burung dan Monyet dengan upah dijadikan Manusia pada saat itu Kura-kura putih mendengar semua itu lalu meminta ikut dalam pekerjaan tersebut karena ingin menjadi manusia. Lalu mereka mengerjakan mencari kayu itu semua secara bersamaan. Pada akhirnya kayu bisa dikembalikan lagi ke Kahyangan hingga Sang Hiyang Wenang dan Sang Hiyang Wening lega setelah kayu tersebut bisa kembali dan mereka pun kembali ke Kahyangan tanpa apapun.
Setelah Sang Hiyang Wenang dan Sang Hiyang Wening kembali ke Kahyangan, kemudian mereka yang sudah membantu merasa bingung dan kesal lalu mereka membicarakan dan akhirnya Badak, Harimau, Burung dan Monyet melakukan tapa sambil membuat Arca tanpa suara tanpa bicara. Hingga pada suatu ketika saat Sang Hiyang Kala sedang bertugas melihat mereka yang sedang tapa sambil membuat arca, dari keempatnya yang paling bagus arca nya adalah buatan Monyet, arca tersebut masih ada di Pasir Kopo. Sang Hiyang Kala ingat bahwa dahulu Sang Hiyang Wenang dan Sang Hiyang Wening pernah berjanji lalu Sang Hiyang Kala memanggil Sang Hiyang Wening dan Sang Hiyang Wenang. Dengan kesungguhan yang telah teruji dengan baik akhirnya Badak, Harimau, Burung dan Monyet di jadikan Manusia oleh Sang Hiyang Tunggal melalui Sang Hiyang Wening. Kelak Ke empat manusia ini yg saling berpencar dan menjadi koloni manusia di Jagat.

Lalu apa Jati Sunda itu, Jati Sunda adalah Agama orang Sunda sebuah Agama lokal dari Nagara Sunda. Kitab Suci Jati Sunda disebut Layang Salaka Domas yg diartikan secara "mudah" adalah "Kitab Suci Delapan Ratus Ayat" yang terdiri dari Kitab Sambawa, Kitab Sambada dan Kitab Winasa, jadi Kitab Jati Sunda itu bukan 1 tapi 3 tapi bukan berarti ada 3. arti dari Sambada, Sambawa dan Winasa adalah Ajaran Kesempurnaan tentang Sambawa ( hidup dari semenjak lahir ). Sambada ( dewasa sampai tua ) dan Winasa ( kematian serta kehidupan di alam hyang. Ajaran Jati Sunda yg terdapat dalam Kitab Layang Salaka Domas disebar di Tanah Sunda pertama kalinya oleh seorang tokoh yang menyandang nama "Mundi Ing Laya Hadi Kusumah" setelah Dia mendapatkannya dari "Jagat Jabaning Langit". Yang disebut "Mundi Ing Laya Hadi Kusumah" bukan anak dari Parabu Siliwangi yaitu "Mundinglaya Dikusumah" tapi sebutan itu yang berarti "Seseorang yang telah mampu mengusung tinggi tentang kematian, setara indahnya bunga", yang juga berarti "seseorang yang telah mampu menguasai hawa nafsunya seraya meninggalkan ihwal keduniawian", sampai saat ini siapa nama sebenarnya dari yang tersebut itu belum ditemukan di Carita, Pantun atau Prasasti apapun. Namun Penulis pertama Ajaran Jati Sunda ke dalam sebuah Kitab adalah Rakean Darmasiksa Prabu Sanghyang Wisnu, Raja Nagara Sunda yang terkenal Arif Bijaksana sebagai Resi dan gencar menyiarkan Agama kala itu.

Tempat Ibadah dalam Agama Jati Sunda adalah Pamunjungan atau yang akrab disebut Kabuyutan. Pamunjungan merupakan Punden Berundak yang biasanya terdapat di bukit dan di Pamunjungan ini biasanya terdapat Menhir, Arca, Batu Cengkuk, Batu Mangkok, Batu Pipih dll. Pamunjungan /Kabuyutan banyak sekali di Tatar Sunda seperti Balay Pamujan Genter Bumi, Situs Cengkuk, Gunung Padang, Kabuyutan Galunggung, Situs Kawali dll. Di Bogor sendiri sebagi Pusat Nagara Sunda dan Pajajaran dahulu terdapat Banyak Pamunjungan beberapa diantaranya adalah Pamunjungan Rancamaya nama dahulunya adalah Pamunjungan Sanghyang Padungkukan yang disebut Bukit Badigul namun sayang saat ini Pamunjungan tersebut sudah tidak ada lagi digantikan oleh Lapangan Golf. Pada masanya Pamunjungan yang paling besar dan mewah adalah Pamunjungan Kihara Hyang yang berlokasi di Leuweung Songgom/Hutan Songgom , atau Balay Pamunjungan Mandala Parakan Jati yang saat ini lokasinya digunakan sebagai Kampung Budaya Sindang Barang. Dengan banyaknya Pamunjungan/Kabuyutan tersebut di Tatar Sunda membuktikan bahwa Agma yang dianut atau Agama mayoritas orang Sunda dahulu adalah Agama Jati Sunda ini adalah jawaban kenapa di Sunda sangat jarang sekali diketemukan Candi. Namun begitu Hindu dan Budha berkembang baik di Sunda bahkan Raja Salaka Nagara juga Taruma Nagara adalah seorang Hindu yang taat. Kehidupan beragama di Sunda dahulu sangat harmonis hingga tercipta Kabuyutan Galunggung merupakan Pusat ketiga Agama tersebut.

Demikian sepintas singkat ( sengaja singkat saja dahulu kalo banyak ntar bacanya bete hehe ) Sejarah dan Budaya Sunda, semoga pada lain waktu saya dapat meneruskan kembali tulisan ini. Kepada Agan-aganwati yang ingin bertanya, menambahkan atau apapun silahkan. Karena sebanrnya penjabaran tentang Sunda ini masih sangat-sangat panjang. Mohon maaf jika ada salah maklum TS baru heuheu.Terima Kasih.

Nyanggakeun ...

Hung Rahayu suasti astu
Nirmala seda malilang, Pun …. !